Terbarukan

Bahas Pengembangan Energi Terbarukan, DEN Terima Kunjungan Tim New Zealand

SUARAENERGI.COM – Sekretaris Jenderal DEN menerima kunjungan Tim New Zealand terkait NZMATES. NZMATES adalah singkatan dari NEW ZEALAND – MALUKU ACCESS TO RENEWABLE ENERGY SUPPORT yaitu kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Selandia Baru di Provinsi Maluku, Indonesia untuk mendukung pengembangan energi terbarukan.

NZMATES juga melakukan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, melalui Ditjen EBTKE dan PT PLN, bertujuan untuk membantu memenuhi keandalan dan pembangunan proyek energi terbarukan yang terjangkau bagi masyarakat di Provinsi Maluku.

Program kerjasama ini juga melibatkan Universitas Pattimura dan Politeknik Negeri Ambon. Program ini telah berlangsung sejak tahun 2017 dan akan berakhir pada tahun 2024. Selama ini program ini telah mendapat sambutan hangat dari masyarakat, termasuk kalangan perguruan tinggi.

Adapun beberapa kegiatan NZMATES yang dilaksanakan yaitu survey lapangan, sumberdaya dan techno-economic assessmen, merumuskan model pengembangan energi terbarukan, keterlibatan masyarakat, leveraging funds, capacity building dan lain-lain.

Hadir dalam pertemuan, Sekretaris Jenderal DEN Djoko Siswanto, Anggota DEN Yusra Khan dan As Natio Lasman, Kepala Biro Fasilitasi Kebijakan Energi dan Persidangan Yunus Saefulhak, Ketua Tim Evaluasi Tetra Tech Andrew Wilson, dan Tim Indonesia Center for Renewable Energy Studies Surya Darma.

Anggota DEN dari Pemangku Kepentingan Lingkungan Hidup Yusra Khan menyambut baik kunjungan Tim New Zealand dan mendukung program NZMATES karena sejalan dengan upaya Pemerintah Indonesia yang sedang merevisi Kebijakan Energi Nasional untuk mencapai Net Zero Emissions pada tahun 2060. Lebih lanjut, Yusra menjelaskan struktur organisasi serta tugas dan fungsi DEN.

Di akhir pertemuan, Surya Darma menyerahkan sebuah buku panas bumi berjudul “Manajemen Proyek dan Keekonomian Panas Bumi-Best Practice dalam Pengusahaan Panasbumi”.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top