Profil

Ciliandra Fangiono Punya Harta Rp 36 Triliun, Anak Muda Indonesia Si Paling Tajir Melintir

SUARAENERGI.COM – Bayangkan, total harta Ciliandra Fangiono, anak muda Indonesia ini menyentuh US$ 2,35 miliar atau setara dengan Rp 36 triliun (kurs Rp 15.500).

Lalu siapa sih Ciliandra? Dilansir dari berbagai sumber, pria muda ini adalah CEO dari First Resources, sebuah perusahaan minyak sawit yang terdaftar di Singapura dan memiliki perkebunan di Indonesia. Ayahnya, Martias, mendirikan First Resources pada tahun 1992. Saat ini, keluarganya memiliki sebagian besar saham di First Resources.

First Resources memiliki lahan seluas 200 ribu hektar perkebunan yang tersebar di Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat.

Karena kekayaannya, Ciliandra pertama kali masuk daftar 40 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes pada tahun 2009. Usianya masih sangat muda, yaitu 33 tahun. Saat itu, harta Ciliandra sudah mencapai US$ 710 juta atau setara dengan Rp 10,8 triliun (kurs Rp 15.298).

Sebagian besar harta kekayaan Ciliandra didapatkan setelah keluarganya mengumumkan perusahaan perkebunan kelapa sawitnya pada tahun 2021, yaitu FAP Agri yang dikendalikan oleh kakak perempuannya, Wirastuty.

Sebelum bergabung di bisnis keluarganya, Ciliandra sempat bekerja di divisi perbankan investasi Merrill Lynch, Singapura. Pendidikannya pun tak main-main, ia merupakan sarjana ekonomi di Cambridge University. Saat menempuh pendidikannya di sana, ia mendapatkan penghargaan Price Waterhouse Book Prize.

Saat ini Ciliandra Fangiono berhasil menempati peringkat ke-24 orang terkaya di Indonesia versi Forbes di usianya yang menginjak 47 tahun.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top