Migas

Dukung Eksplorasi Masif, Elnusa Bawa Teknologi Baru untuk Pengeboran Sumur East Pondok Aren

SUARAENERGI.COM – PT Elnusa Tbk (Elnusa) perusahaan jasa energi terkemuka yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina terus mendukung upaya pemerintah yang tengah mendorong masifnya kegiatan eksplorasi minyak dan gas bumi (migas). Terbaru, Elnusa turut berkontribusi dalam kegiatan pengeboran sumur eksplorasi East Pondok Aren (EPN-001) yang tajak sumurnya telah dilakukan oleh PT Pertamina EP Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada 18 Agustus 2023 lalu.

Berdasarkan informasi terbaru dari PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina, dari pengeboran sumur eksplorasi EPN-001 ini telah berhasil dibuktikan tambahan sumber daya hidrokarbon. Direktur Utama Pertamina EP Wisnu Hindadari menyampaikan bahwa Pihaknya konsisten mendorong pengeboran eksplorasi di wilayah kerjanya untuk memastikan Reserve to Production Ratio di Regional Jawa tetap terjaga dengan baik pada tahun-tahun mendatang. “EPN-001, merupakan sumur Eksplorasi yang bisa menguatkan optimisme pencarian sumber daya baru di area yang tergolong mature untuk dapat segera berkontribusi dalam menjaga daya dukung produksi minyak dan gas dalam beberapa waktu ke depan,” kata Wisnu.

Secara scope kontrak, Elnusa mengerjakan kegiatan perforasi dan pipe recovery. Kegiatan perforasi merupakan pembuatan lubang pada casing antara formasi dengan sumur sehingga memungkinkan fluida dari formasi mengalir ke dalam sumur. Untuk pekerjaan pertama, Elnusa telah terlibat lewat kegiatan perforasi untuk perbaikan bonding semen di Sumur EPN-001. Elnusa melakukan pekerjaan untuk Tubing Conveyed Perforation (TCP) saat Drill Stem Test (DST) yang pertama pada tanggal 25 November 2023.

Direktur Operasi Elnusa Charles Harianto Lumbantobing berharap kontribusi Elnusa dalam kegiatan eksplorasi migas di EPN-001 dapat menyumbang hasil yang positif dalam upaya menemukan potensi migas baru dari East Pondok Aren sehingga dapat turut mendukung target Pemerintah untuk mencapai produksi minyak 1 juta barel per hari dan produksi gas sebesar 12 BSCFD pada tahun 2030 mendatang.

“Elnusa tentu berharap dari pengeboran sumur eksplorasi EPN-001 akan ada hasil positif dalam upaya mencari potensi migas baru di daerah Jawa Barat. Kami juga berharap bahwa kontribusi Elnusa selama ini kepada Pertamina EP akan berlanjut terus ke depannya jika nanti ada kegiatan development, kami juga ingin terus turut andil secara berkesinambungan,” tutup Charles.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top