Korporasi

Elnusa Terima Peringkat idAA dari PEFINDO

SUARAENERGI.COM –  PT Elnusa Tbk (Elnusa, IDX:ELSA), Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, berhasil mempertahankan peringkat idAA/stable dari

PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO). PEFINDO juga telah menegaskan peringkat idAA(sy) untuk Sukuk Ijarah Berkelanjutan I/2020. Adapun periode peringkat ini berlaku mulai dari 5 April 2024 sampai dengan 1 April 2025.

Hal ini menegaskan stabilnya prospek Perusahaan, posisi yang kuat dalam industri jasa pendukung minyak dan gas (migas), dan kuatnya diversifikasi bisnis serta profil keuangan yang kokoh. Peringkat ini mencerminkan sinergi yang kuat antara Elnusa dan Grup Pertamina, serta menunjukkan kepercayaan dari pihak pemeringkat terhadap konsistensi dan kehandalan Perusahaan dalam memenuhi komitmen keuangan jangka panjang.

Perolehan ini diputuskan setelah berlangsungnya serangkaian Pemantauan Pemeringkatan atas Sukuk Ijarah Berkelanjutan dan beberapa tahapan penilaian yang terdiri dari pengisian kuesioner, penyampaian data dan informasi terkini serta proyeksi keuangan jangka panjang 2024-2028. Dalam rangka penilaian ini juga, PEFINDO melakukan Site Visit di Lokasi Kerja Elnusa, untuk melihat dan menilai secara langsung kondisi operasi perusahaan, pada tahun ini dilakukan kepada Anak Perusahaan, PT Elnusa Petrofin (EPN) yaitu di TBBM Manggis, Bali pada 7 Maret 2024. Akhir proses penilaian ditandai dengan management meeting antara Direksi Elnusa bersama Tim dari PEFINDO.

Elnusa memiliki reputasi yang baik pada sektor jasa hulu migas terintegrasi, jasa penunjang hulu migas, dan jasa logistik dan distribusi terkait dengan sektor hilir migas. Pada akhir Desember 2023, Pertamina Hulu Energi (PHE) sebagai pemegang saham utama, Elnusa terus mengukuhkan posisinya sebagai pemain utama dalam industri migas di Indonesia.

Direktur Utama Elnusa Bachtiar Soeria Atmadja mengatakan, “Kami turut bangga dengan peringkat idAA/stable yang diberikan oleh PEFINDO. Hal ini merupakan wujud dedikasi kami dalam memperkuat posisi di industri migas dan komitmen kami untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Kami akan terus berupaya untuk mempertahankan standar keunggulan kami dan memberikan nilai tambah bagi semua pemangku kepentingan,” kata Bachtiar.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top