Safety

Gelar Pelatihan First Aid, PDC Tingkatkan Keahlian Tim Tanggap Darurat

SUARAENERGI.COM – PT Patra Drilling Contractor (PDC) melakukan refreshment kepada First Aider dengan menyelenggarakan First Aid Training bagi perwira yang berada di kantor pusat Jakarta, 15 Januari 2024. Kegiatan ini diikuti oleh Tim Tanggap Darurat dari berbagai fungsi yang ada di PDC. Kegiatan ini sekaligus menjadi salah satu agenda dalam Knowledge Refreshment Week Bulan K3 yang diselenggarakan PDC.

First aid training atau pelatihan pertolongan pertama adalah kegiatan untuk melatih kemampuan yang diperlukan untuk menolong orang lain yang dalam kondisi darurat medis.

Bagus Uji Widihartono, Manajer QHSSE PDC menyampaikan, “First Aid Training ini bertujuan untuk merefresh kembali serta meningkatkan pengetahuan, pengertian dan pemahaman mengenai pelaksanaan P3K di tempat kerja dan juga meningkatkan keterampilan dalam melakukan pertolongan pertama terhadap penyakit mendadak dan kecelakaan kerja”.

Kegiatan First Aid Training merupakan bagian dari pelaksanaan Bulan K3 2024. Peserta diberikan materi berupa pre test, teori dan praktik first aid serta post test.

dr. Habib selaku pemateri dalam kegiatan ini menyampaikan, “Diharapkan rangkaian pelatihan first aid ini dapat meningkatkan kemampuan first aider dimanapun berada, baik di kantor maupun di lapangan. Kesiapan pekerja menjadi first aider sangat penting sebagai antisipasi jika harus menolong seseorang di mana saja,”.

“Para peserta dapat mentransfer ilmu yang diperolehnya ini kepada rekan sejawatnya di tempat tugasnya masing-masing. Menjadi agen perubahan ditempat kerja dengan berbagi ilmu sebagai first aider,” sambungnya.

Salah satu peserta, Wulan dari fungsi HR & GA sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. “Dalam pelatihan ini kami peserta dibekali ilmu tentang penanganan korban kecelakaan, seperti pendarahan, patah tulang, tersedak dan kondisi darurat lainnya. Selain teori, peserta juga mendapat praktik secara langsung.

“Pelatihan ini me-refresh kembali materi yang pernah saya peroleh sebelumnya dan menambah wawasan pekerja dalam memberikan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan. Dengan pertolongan pertama yang dilakukan secara benar, tingkat keparahannya bisa diminimalisasi dan tingkat pemulihannya lebih cepat,” sambung Wulan.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top