Profil

Ilmuwan Kelas Dunia Oki Muraza Masuk Bursa Wakil Menteri ESDM Kabinet Prabowo

SUARAENERGI.COM – Kendati masih lima bulan lagi sebelum sah dilantik sebagai Presiden Kedelapan RI, rupanya susunan kabinet Prabowo-Gibran terus menggelinding di ruang publik. Masing-masing dengan versinya, menyodorkan sederet nama calon menteri dan calon wakil menteri dengan berbagai latar belakang.

Nah, ada yang menarik di antara nama beredar, yakni munculnya nama Oki Muraza, nama yang masih belum terlalu dikenal publik saat ini. Pasalnya, Oki Muraza yang kini menjabat Senior Vice President, Research & Technology Innovation di PT Pertamina (Persero) lebih dikenal sebagai ilmuwan berkelas dunia.

Dilansir dari berbagai sumber, Oki merupakan jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB). Ia kemudian meraih gelar magister dari Technische Universiteit Delft (TU Delft) dan gelar PhD dalam bidang Teknik Kimia dari Technische Universiteit Eindhoven.

Oki Muraza disebut menjadi ilmuwan paling produktif dalam bidang katalisis cracking untuk mengolah minyak bumi menjadi bahan bakar minyak dan bahan kimia petrokimia.

Di panggung dunia, Oki juga aktif di skena internasional sebagai Deputy Co Chair, Taskforce Energy, Climate Change and Resource Efficiency (ECCRE) di B20 India dan Associate Editor in Frontiers in Energy Research di Frontiers.

Bahkan Oki juga sukses mengantongi dana penelitian dari proyek-proyek besar di King Fahd University of Petroleum and Minerals (KFUPM), serta memenangi total sekitar US$6,2 juta dari berbagai perusahaan energi dan petrokimia.

Selanjutnya, The American Association for the Advancement of Science (AAAS) juga memberikan rekomendasi terhadap 4 usulan dari Oki Muraza yang berkaitan dengan pengolahan sumber daya hidrokarbon dan energi terbarukan.

Berbekal sederet prestasi dan pengalaman itu, Oki Muraza digadang-gadang cocok sebagai Wakil Menteri ESDM. Lalu apakah Oki Muraza akan betul-betul masuk dalam kabinet Prabowo? Menarik dinantikan.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top