Migas

Inspeksi Selesai, Pertamina Drilling Strategic Alliance dengan ADES ‘Emerald Driller’ Berlayar dari Qatar Menuju Laut Jawa

SUARAENERGI.COM – Jackup rig ‘Emerald Driller’ yang akan digunakan dalam proyek pengeboran offshore antara PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling), anak usaha Subholding Upstream Pertamina, dengan PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra (PHE OSES) dan PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) telah melalui proses inspeksi dan sedang mobilisasi dari Qatar menuju Laut Jawa.

Jackup rig ‘Emerald Driller’ dimobilisasi dari Qatar ke Laut Jawa menggunakan Dry Tow, yaitu menggendong jackup rig di atas Heavy Lift Vessel yang mana menempuh jarak lebih dari 4.000 NM dan akan tiba di Laut Jawa dalam 14 hari. Selama mobilisasi rig, kru senior ‘Emerald Driller’ harus menjalani beberapa pelatihan wajib terkait aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE), seperti HSSE Introductions, SIKA, dan PETROL.

Sebelumnya, Pertamina Drilling bersama dengan PHE OSES dan PHE ONWJ telah melakukan full condition inspection terhadap jackup rig ‘Emerald Driller’ di Qatar pada bulan Maret-April 2024, diikuti dengan pelatihan kepada seluruh kru Emerald Driller pada bulan Mei 2024.

Jackup rig merupakan sebuah platform yang dapat mengapung dan memiliki tiga atau empat kaki yang dapat dinaikturunkan. Rig tipe jackup dapat digunakan untuk mengebor sumur eksplorasi dan juga sumur development (pengembangan), dan biasanya digunakan di kawasan laut yang memiliki dasar laut lembut sehingga dengan kaki rig tipe mat, tidak tertanam terlalu dalam.

Dalam proyek ini, Pertamina Drilling menggandeng ADES Holding Co., sebuah perusahaan jasa pengeboran Arab Saudi yang telah mengoperasikan rig offshore dan onshore di sepanjang Timur Tengah dan Asia, untuk penyediaan jackup rig ‘Emerald Driller’ berkekuatan 3.000 horsepower (hp) yang dapat mengebor hingga kedalaman 30.000 kaki.

Direktur Utama Pertamina Drilling, Avep Disasmita menyampaikan, “Alhamdulillah, Pertamina Drilling berhasil meningkatkan peran strategisnya dalam penyediaan energi Indonesia melalui kontrak long term Jack Up Drilling Rig Services ini. Kemampuan Pertamina Drilling dalam menjalankan operasi dan bisnis hulu migas membawa semangat baru dan simbol kebangkitan nasional untuk mewujudkan ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.”

Kontrak Jack Up Drilling Rig Services dengan PT Pertamina EP Regional 2 merupakan pencapaian besar bagi Pertamina Drilling dalam mencapai target produksi minyak sebesar 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas sebesar 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top