Profil

Jadi Inspirasi, Biografi Jokowi Karya Dirut PLN Diluncurkan di Dubai Dalam Bahasa Arab

SUARAENERGI.COM – Jadi inspirasi berbagai kalangan dunia, buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” karya Darmawan Prasodjo diterbitkan dalam versi Bahasa Arab. Peluncuran buku dilakukan di sela-sela acara COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab pada Sabtu (2/12).

Buku yang pertama kali diterbitkan tahun 2020 telah diperbanyak dengan berbagai versi bahasa asing. Selain bahasa Inggris, bahasa Korea, kini versi buku ini juga dilansir dan beredar dengan bahasa Arab.

Biografi ini merangkum capaian-capaian Jokowi dalam membangun Indonesia di berbagai bidang, mulai dari membangun pemerataan layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan, pembangunan ekonomi kerakyatan hingga infrastruktur yang menghubungkan jalan-jalan utama di berbagai provinsi sehingga mampu membangun kesejahteraan.

Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia Abdulla Salem Aldhaheri menilai buku ini mampu menjadi _insight_ untuk para pemimpin maupun calon pemimpin di dunia. Aldhaheri menilai Presiden Joko Widodo merupakan sosok yang berpengaruh dalam mendorong perekonomian Indonesia.

“Saya sangat kagum dengan visi dan strategi Presiden Joko Widodo dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang berpengaruh saat ini. Terutama, menjadi salah satu _epicentrum of growth_ di dunia,” ujar Aldhaheri.

Ia berharap kerja sama antara UEA dengan Indonesia akan terus terjalin dengan baik. Berbagai kerja sama akan terus bergulir antara dua negara dan menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Penulis sekaligus Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan buku ini bukan hanya menggambarkan kisah sukses Presiden Joko Widodo saja, namun juga cerita panjang perjalanan Indonesia menjadi bangsa yang besar. Lewat kepemimpinan heroik Jokowi, Indonesia bisa mencapai posisi yang kuat dan memiliki daya tawar di kancah global.

“Buku ini, merupakan perjalanan kisah heroik dan pengalaman seorang pemimpin besar. Mengupas karakter pemimpin yang mampu membawa mimpi dalam perancangan pembangunan yang solid. Pemimpin yang memiliki keberpihakan kepada rakyat sehingga seluruh program dan kebijakan yang dihasilkan selalu mengutamakan kesejahteraan rakyat,” kata Darmawan saat peluncuran Buku Jokowi dalam versi bahasa arab, Minggu (3/12).

Salah satu capaian terpenting kepemimpinan Jokowi adalah membawa Indonesia dalam transisi energi. Darmawan juga mengakui arahan Presiden dalam memperkuat Indonesia menjalankan transisi energi menjadi salah satu langkah akselerasi yang dilakukan oleh PLN.

“Indonesia telah mendeklarasikan peta jalan _net zero emissions_. Lewat arahan dan bimbingan Presiden, saat ini Indonesia mempunyai Perencanaan Ketenagalistrikan Nasional yang paling ramah lingkungan sepanjang sejarah Indonesia,” ujar Darmawan.

Langkah cepat Indonesia justru paling masif terjadi saat pandemi. Saat semua negara terpuruk imbas pandemi, Indonesia justru bukan hanya menjaga pertumbuhan ekonomi yang sehat namun bisa sekaligus menjalankan langkah transformatif untuk menjawab tantangan krisis iklim.

“Apa yang dilakukan PLN merupakan amanat langsung dari visi futuristik Presiden kita. Kita telah menghadapi bencana yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia. Tapi apa yang terjadi? Indonesia tidak terjatuh, namun justru mampu berdiri tegar. Bahkan pulih dan bangkit dengan cepat,” kata Darmawan.

Pertumbuhan ekonomi yang stabil didukung oleh konektivitas dari seluruh sektor. Kepemimpinan Jokowi menjadi tonggak sejarah baru bagi Indonesia.

“Dalam perjalanan lebih dari setengah dekade, Indonesia telah membangun kapasitas nasionalnya. Rantai pasokan yang dikembangkan, membangun industri hilir, membuka pintu investasi, dan menata ekosistem investasi yang sehat. Setiap potensi yang ada di daerah mampu dikembangkan untuk menciptakan lebih banyak lapangan kerja dan untuk memperjuangkan kesejahteraan rakyat,” tegas Darmawan.

Darmawan berharap buku ini bukan hanya sekedar catatan sejarah. Namun, bisa menjadi inspirasi dan pemecut semangat bagi semua pembaca terhadap visi misi masa depan dunia yang lebih baik.

“Kami berbagi impian kami. Buku ini bisa menjadi contoh pemimpin yang baik, contoh _leadership_ tak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia,” kata Darmawan.

Director of Alhokama Center for Peace Research, yang merupakan dewan tinggi ulama dunia Islam yang berpusat di UEA, Samir Boudinar menyampaikan Buku “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” merupakan rujukan yang sangat tepat untuk mengenal Indonesia dan kepemimpinan Presiden Jokowi. Penulis buku ini mampu menjelaskan latar belakang dan nilai-nilai yang dipedomani Presiden Jokowi, sehingga mampu menggerakkan seluruh warga untuk membangun Indonesia.

“Sungguh Indonesia dan buku ini sangat menginspirasi kita semua. Buku ini harus dibaca oleh kita semua, warga Arab dan warga dunia Islam. Buku ini, jujur memberikan informasi yang berlimpah, bahwa Indonesia berdasarkan akhlak dan nilai-nilai kemanusiaan,” kata Samir.

Dirinya juga menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Indonesia dan melihat langsung kemajuan yang dilakukan oleh Indonesia. “Saya baru datang dari Yogyakarta, Jakarta dan Surabaya. Saya merasakan langsung denyut kemajuan Indonesia, kita dapat melihat pembangunan infrastruktur, seperti bandara dan jalan tol,” pungkas Samir.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top