Safety

Konsisten Terapkan Budaya K3, Badak LNG Raih 3 Penghargaan WISCA-WPSCA 2024

SUARAENERGI.COM – Badak LNG sekali lagi membuktikan komitmennya terhadap budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan meraih tiga penghargaan bergengsi dalam ajang World Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA-WPSCA) 2024. Selasa (30/04).

Anak perusahaan Subholding Upstream Pertamina ini meraih penghargaan Platinum (Bintang 5) sebagai penghargaan tertinggi yang diberikan kepada perusahaan yang menjalankan budaya K3 dengan baik di tempat kerja. Ini menjadi penghargaan ketiga oleh World Safety Organization (WSO) yang diraih Badak LNG sejak tahun 2022.

Selain penghargaan Platinum, Badak LNG juga mendapatkan penghargaan WSO Award 2024 sebagai Concerned Company Award Top Perform Zero Accident serta Concerned ESG Award (Environmental, Social, and Governance).

Penghargaan-penghargaan ini diserahkan kepada President Director & CEO Badak LNG Achmad Khoiruddin di Yudhistira Ballroom, Patra Jasa Office Tower, Jakarta. Khoiruddin mengungkapkan bahwa ini adalah hasil kerja keras seluruh pihak di Perusahaan.

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama seluruh pihak di Badak LNG. Kami akan terus berupaya untuk menerapkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja dengan standar terbaik,” ungkap Khoiruddin.

Untuk bisa mendapatkan penghargaan ini, Badak LNG mengikuti proses verifikasi ketat oleh tim verifikator pada 8 April 2024. Tim verifikator yang dipimpin oleh Chairman WSO Indonesia, Soehatman Ramli dan dihadiri oleh Director & COO Badak LNG Teten Hadi Rustendi, memeriksa secara teliti upaya-upaya yang dilakukan Badak LNG dalam membangun dan mempertahankan budaya keselamatan unggul di lingkungan Perusahaan dan juga pencapaian yang telah diperoleh oleh Badak LNG terutama pencapaian lebih dari 125 juta jam kerja aman sejak tahun 2006.

Senior Manager SHE&Q Badak LNG, Pandu Wijaya Perwira, menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi bukti komitmen Perusahaan yang tinggi terhadap aspek K3.

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa komitmen Badak LNG sangat tinggi terhadap aspek kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan Perusahaan,” ujar Pandu.

Meski bergerak di industri yang memiliki risiko tinggi, Badak LNG telah membuktikan bahwa kegiatan operasionalnya bisa dijalankan dengan aman. Capaian lebih dari 17 tahun tanpa kecelakaan kerja sejak 2006 ini menjadi bukti bahwa Badak LNG secara konsisten telah menerapkan dan menjalankan budaya K3 dengan baik dan efektif. Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi kuatnya budaya keselamatan di Badak LNG ialah adanya komitmen manajemen yang nyata.

Adanya komitmen tinggi dari pemimpin telah menjadi role model bagi seluruh pekerja dan mitra kerja. Dalam prosesnya, Badak LNG juga menjalankan langkah-langkah konkret seperti program SHEQ Tour and Review (STAR), Attitude Reinforcement Technique (ART) Card, dan inisiatif lainnya yang telah menjadi bagian integral dari upaya perusahaan dalam meningkatkan kesadaran akan aspek K3.

Dengan diterimanya penghargaan ini telah menjadi wujud nyata komitmen Badak LNG dalam menjalankan kegiatan operasionalnya dengan andal dan aman. Serta menyediakan lingkungan kerja yang sehat dan selamat untuk seluruh pekerjanya.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top