Regulasi

Kuatkan Hubungan Bilateral Indonesia-Tiongkok, Kemenko Marves Hadiri Mianyang Expo 2023

SUARAENERGI.COM – Menidaklanjuti sejumlah kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok di bidang Teknologi, Bisnis, dan Kesehatan yang pada awalnya diinisiasikan pada Concrete Deliverable G20 silam, sejumlah delegasi Indonesia hadir sebagai tamu kehormatan pada acara The 11th China (Mianyang) Science & Technology City International High-Tech Expo pada Senin-Kamis (20-23 November 2023).

Acara ini memiliki rangkaian kegiatan yang beberapa dihadiri oleh representasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) yaitu, Jona Widhagdo Putri selaku Penasehat Khusus Menko Marves dan Romi Firman selaku Sekretaris Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves.

Pada Rabu (22-11-2023), Jona mewakili Kemenko Marves pada Provincial Leaders Meeting diselenggarakan sebagai forum strategis bagi para pemimpin provinsi untuk membahas dan merumuskan tindak lanjut konkret terkait kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok dalam konteks G20. Diskusi yang intensif melibatkan berbagai aspek, terutama yang berkaitan dengan isu-isu kesehatan. Keberhasilan pertemuan ini tercermin dalam pengembangan deliverable yang jelas, memperkuat kolaborasi bilateral dan meneguhkan komitmen bersama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada grand opening ceremony Mianyang High-Tech Expo ke-11 dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi Tiongkok; pengurus partai dan pemerintahan, delegasi Indonesia dan delegasi negara lainnya. Tema dari perhelatan Mianyang High-tech Expo ke-11 adalah “Kepemimpinan sains dan Teknologi – Transformasi Inovasi – Open Cooperation”. Pada upacara pembukaan ini, ada beberapa pimpinan yang menyampaikan sambutan, sedangkan dari pihak delegasi Indonesia yaitu Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok.

Acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan lainnya yang meliputi Upacara Pembukaan dan Tur Lokasi Pameran Fotografi Alam dan Budaya Indonesia dimana pameran fotografi yang diselenggarakan oleh Kemenko Marves, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), KBRI Beijing, dan Pemerintah Kota Mianyang di Museum Mianyang resmi dibuka dan akan berlangsung hingga 28 Februari 2024. Lalu, Upacara Pembukaan Paviliun Indonesia dimana Paviliun ini berfokus pada pencapaian kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia di bidang keuangan, informasi elektronik, energi hijau, bioteknologi dan farmasi, serta kerja sama dengan Tiongkok.

Traditional Medicine Exchange Meeting sebagai ruang diskusi seputar praktik pengobatan tradisional dan metode yang berakar dalam budaya Indonesia dan Tiongkok, serta Indonesia-Mianyang Industrial Cooperation Matchmaking Conference sebagai peluang bagi perusahaan, pengusaha dan pemangku kepentingan industri untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok, dan diakhiri oleh kunjungan ke Indonesia Product Week.

Acara ini turut dihadiri oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia dan para pendamping, Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan pendamping, perwakilan Kemenparekraf, Kadin indonesia China Committee, perwakilan Bank Mandiri, dan jurnalis dari China Media Group.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top