Listrik, Terbarukan

Lampu Tenaga Surya Terangi Wilayah Sumenep, Madura

SUARAENERGI.COM – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melakukan serah terima secara simbolis sebanyak 55 penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) yang telah terpasang di Kabupaten Sumenep, kepada Pemerintah Daerah Sumenep. Pemasangan PJU-TS di Kabupaten Sumenep ini dibangun pada tahun 2023 dengan dukungan aspirasi anggota Komisi VII DPR RI.

“Pemasangan PJU-TS merupakan wujud komitmen pemerintah bersama dengan DPR RI dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur berbasis energi bersih yang ramah lingkungan. Ini juga menjadi upaya kami agar anggaran negara dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat,” ujar Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE Senda Hurmuzam Kanam, Minggu (26/5).

Lebih lanjut Senda menyampaikan bahwa pemasangan PJU-TS merupakan salah satu langkah Pemerintah untuk mengurangi emisi gas rumah kaca melalui pemanfaatan energi bersih yang minim emisi dan ramah lingkungan, untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat. Tak hanya itu, PJU-TS juga diharapkan dapat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah untuk menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak penerangan jalan.

“Seiring dengan diterapkannya tariff adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), maka pemasangan PJU-TS ini sangat bermanfaat bagi pemda untuk menghemat pengeluaran PAD yang berasal dari pajak penerangan jalan,” terangnya.

Senda juga mengimbau masyarakat untuk menjaga PJU-TS yang telah dipasang agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang.

Senada, Anggota Komisi VII DPR RI Ridwan Hisjam, pada kesempatan tersebut mendorong masyarakat agar proaktif untuk menjaga PJU-TS dengan berkoordinasi jika unit tersebut tidak berfungsi. Karena PJU-TS ini memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat, Ridwan berharap program ini terus berjalan di masa yang akan datang.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Sumenep Dewi Khalifah menyampaikan apresiasi atas dukungan pemasangan PJU-TS di wilayahnya, yang dijuluki The Soul of Madura. Menurutnya, penerangan tersebut sangat penting karena dapat mencegah terjadinya kecelakan dan meminimalisir angka kriminalitas di sekitar jalan yang dilewati masyarakat. Mengingat PJU-TS ini sangat penting, Dewi berharap pemerintah dapat melatih masyarakat agar menjadi teknisi khusus yang mampu memperbaiki kerusakan pada PJU-TS.

“Kami berharap program PJU-TS terus memberikan manfaat dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Sumenep,” pungkas Dewi

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top