Korporasi

Langkah Nyata Elnusa Tingkatkan Ekonomi Lokal Desa Sumengko

SUARAENERGI.COM – PT Elnusa Tbk (ELNUSA, IDX: ELSA) Anak Usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina, terus mewujudkan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan melalui program pembangunan masyarakat berkelanjutan. Salah satunya di Desa Sumengko, Kalitidu, Bojonegoro.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan Desa Sumengko sehingga mampu memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat. Dimulai dari budidaya jenis tanaman toga yang diolah secara mandiri, bahan baku ini kemudian diolah menjadi produk minuman herbal yang diberi nama “Cenayu”.

Elnusa juga secara rutin melakukan pelatihan pada masyarakat desa sumengko. Baru-baru ini pada (8/10), Elnusa menggelar pelatihan digital marketing yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan platform digital untuk pemasaran produk minuman herbal cenayu. Melalui pemanfaatan teknologi informasi, diharapkan masyarakat dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan mereka.

Elnusa juga memfasilitasi penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT) dalam proses pembuatan minuman tersebut yang telah mengadopsi teknologi ramah lingkungan seperti panel surya, untuk memastikan pasokan energi yang berkelanjutan bagi pertanian lokal. Langkah ini mendukung produksi secara berkelanjutan tanpa meningkatkan jejak karbon.

Corporate Secretary Elnusa, Frida Lidwina menjelaskan, “Program Desa Energi Berdikari Elnusa Sumengko ini menunjukkan komitmen holistik terhadap pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan serta kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan demi kesejahteraan bersama. Langkah-langkah ini sejalan dengan visi Elnusa untuk berkontribusi positif terhadap masyarakat dan lingkungan di wilayah operasinya, terutama di Warehouse Kalitidu Bojonegoro,” kata Frida.

Dengan komitmen berkelanjutan ini, Elnusa berharap dapat terus memberikan dampak positif bagi masyarakat dengan terus mengembangkan program-program inovatif yang mendukung keberlanjutan ekonomi dan lingkungan.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top