Profil

Menteri Arifin Lantik Tiga Anggota DEN, Ini Dia

SUARAENERGI.COM – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif selaku Ketua Harian Dewan Energi Nasional (DEN) pada hari ini, Senin (01/04), resmi melantik tiga Anggota DEN pengganti dari Unsur Pemangku Kepentingan (APK DEN) Periode 2020 – 2025. APK DEN tersebut antara lain Abadi Poernomo dan Agus Pramono yang mewakili kalangan industri, serta Dina Nurul Fitria yang mewakili kalangan konsumen.

Pelantikan ini digelar menyusul pencalonan tiga Anggota DEN yang terdaftar sebagai Daftar Calon Tetap Anggota Legislatif Tahun 2024 – 2029, yaitu Satya Widya Yudha, Herman Darnel Ibrahim, dan Daryatmo Mardiyanto. Hal ini merujuk pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 41/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Energi Nasional dari Pemangku Kepentingan.

Mekanisme pemberhentian Anggota DEN dimaksud juga diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 26 Tahun 2008 tentang Pembentukan Dewan Energi Nasional dan Tata Cara Penyaringan Calon Anggota Dewan Energi Nasional.

“Masa jabatan Anggota DEN adalah selama lima tahun dan saat ini sudah berjalan selama tiga tahun tiga bulan, sehingga untuk Anggota DEN yang pada hari ini dilantik masih memiliki masa jabatan satu tahun sembilan bulan,” ujar Menteri Arifin dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Menteri Arifin juga berpesan agar Anggota DEN yang baru dilantik dapat melaksanakan amanah dengan penuh tanggung jawab dan integritas tinggi, khususnya dalam menjalankan tugas DEN dalam merancang dan merumuskan Kebijakan Energi Nasional, menetapkan Rencana Umum Energi Nasional, menetapkan langkah-langkah krisis dan darurat energi, serta melakukan pengawasan kebijakan energi yang bersifat lintas sektoral sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2007 tentang Energi.

Sebagai informasi, Abadi Poernomo sebelumnya pernah menjabat sebagai Anggota Unsur Pemangku Kepentingan DEN periode 2014 – 2019. Ia juga pernah dipercaya sebagai penasehat untuk Asosiasi Panas Bumi Indonesia, serta Dewan Penasehat Program Pascasarjana Teknik Panas Bumi di Institut Teknologi Bandung.

Sementara itu, Agus Pramono sebelumnya menjabat sebagai penasehat Direktur Operasional PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama. Sedangkan Dina Nurul Fitria pernah menjabat sebagai Tenaga Ahli Pimpinan Lembaga Pengkajian MPR RI Periode 2016 – 2019, serta Staf Ahli Pimpinan Komite II DPD RI periode 2013 – 2014.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top