Minerba, PILIHAN

Momen Mahasiswa AKIPBA Kunjungi Divisi Pengolahan dan Peleburan PT Timah

SUARAENERGI.COMSebanyak 28 mahasiswa Akademi Komunitas Industri Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA) melakukan kunjungan Industri ke Divisi Pengolahan dan Peleburan PT Timah di Unit Metalurgi Mentok, Kabupaten Bangka Barat.

Kehadiran puluhan mahasiswa bersama empat dosen pembimbing ini disambut langsung Kepala Divisi Pengolahan dan Peleburan PT Timah Sofian Simangunsong, di Wisma Sriwijaya, Rabu (29/5/2024).

Wakil Direktur AKIPBA Afriansah mengatakan, kunjungan Mahasiswa AKIPBA ke Divisi Pengolahan dan Peleburan karena ingin memberikan edukasi dan gambaran tentang proses pengolahan dan Peleburan timah untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa.

Saat ini kata dia, AKIPBA memiliki tiga Program Studi yakni program studi Pengolahan, Perawatan serta Pengoperasian. Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa selain memberikan kompetensi di Kampus juga perlu dibarengi dengan wawasan dunia industri.

“Tujuan Kita berkunjung ke bidang Pengolahan dan Peleburan PT Timah , karena ketiga prodi. tersebut memiliki gambaran pekerjaan yang cocok tentang pengetahuan mahasiswa, karena disini ada ilmu metalurgi ekstraksi,untuk peleburan biji timah, pengolahan biji timah, pengolahan mineralnya,” katanya.

Ia menyebutkan, di kawasan ini juga dilengkapi dengan peralatan yang lengkap seperti alat -alat beratnya untuk melakukan pengangkutan, mineral dan material. Peleburan dan pengolahan dilakukan di satu tempat dan di sini juga ada perawatan alat operasional mekanikal.

“Harapan kita yang juga merupakan harapan MIND ID para mahasiswa ini memiliki wawasan dan pengetahuan tentang proses peleburan timah,” ucapnya.

Ia menyebutkan, para mahasiswa AKIPBA merupakan SDM yang sudah memiliki bekal pengetahuan tentang pertambangan yang nantinya bisa berkarir di Perusahaan pertambangan di Indonesia.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengolahan dan Peleburan Sofian Simangunsong menjelaskan langsung proses pengolahan dan peleburan di PT Timah dilanjutkan dengan sesi diskusi.

“Senang sekali semuanya bisa berkunjung ke Divisi Pengolahan dan Peleburan, harapannya bisa berkerja sama dengan baik. Semoga kunjungan ini bermanfaat menambah wawasan mahasiswa AKIPBA tentang pertambangan,”kata Sofian.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top