PILIHAN, Profil

Pererat Hubungan Indonesia-Australia, PHKT Dukung Peringatan Anzac Day di Balikpapan

SUARAENERGI.COM – PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) dari Regional Kalimantan Subholding Upstream Pertamina mendukung pelaksanaan peringatan Hari Australian and New Zealand Army Corps (Anzac Day) yang berlangsung di Kompleks Pasir Ridge, Balikpapan, pada 25 April 2024.

Anzac Day merupakan peringatan momen bersejarah pertempuran melawan pendudukan Jepang pada 1945 untuk membebaskan Kalimantan, di mana sebanyak 229 tentara Australia dan Selandia Baru gugur. Kompleks perumahan dan kantor PHKT di Pasir Ridge merupakan salah satu lokasi pertempuran di Balikpapan.

Peringatan Anzac Day tahun ini dihadiri oleh Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia Gita Kamath, Kepala Staf Kodam (Kasdam) VI Mulawarman, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Balikpapan, perwakilan TNI Angkatan Laut dan Angkatan Udara di Balikpapan, Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Cabang Balikpapan dan anggotanya, serta perwira tentara Australia Captain Damnod Radford.

Pada kesempatan ini, perwakilan panitia yang bertugas, Kenneth Morris, dan Wakil Dubes Australia Gita Kamath menyerahkan cendera mata ucapan terima kasih kepada PHKT yang diwakili Manager HSSE Operations Rotua Elyzabeth.

“Kegiatan peringatan ini menjadi momentum bagi para peserta untuk berbagi pengalaman dan menjaga hubungan erat antara Indonesia, Australia, dan Selandia Baru,” ungkap Rotua Elyzabeth. Setiap tahun di tanggal 25 April, peringatan Anzac Day dihadiri oleh ratusan warga Australia, Selandia Baru, dan Indonesia.

Sementara itu, Kenneth Morris dalam sambutannya menyampaikan, ”Peringatan Anzac Day merupakan wujud penghormatan dan penghargaan terhadap jasa para pahlawan. Banyak prajurit gagah berani yang kehilangan nyawa di tanah di mana kita berdiri saat ini. Saya memohon Anda untuk melihat ke bawah dan membayangkan perjuangan prajurit-prajurit puluhan tahun silam.”

Antara bulan Mei hingga Agustus 1945, tentara Australia ikut bertempur membebaskan Kalimantan dari pendudukan Jepang. Pada 1 Juli 1945, mereka meluncurkan operasi Amphibi besar-besaran selama 20 hari yang pada akhirnya berhasil melumpuhkan tentara Jepang. Tentara Australia dibantu oleh tentara Selandia Baru, Prancis dan Amerika. Pertempuran akhirnya selesai pada 14 Agustus 1945.

“Dengan penuh kerendahan hati, saya mengikuti upacara ini di Balikpapan. Kita memberikan penghormatan kepada para veteran yang telah berkorban untuk negara dan orang-orang yang mereka cintai. Kita akan tetap mengenang mereka. Jangan kita lupakan,” ujar Wakil Dubes Australia untuk Indonesia Gita Kamath.

PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur (PHKT) merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) yang menjalankan pengelolaan operasi dan bisnis hulu migas sesuai prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) di Wilayah Kerja East Kalimantan & Attaka di Kalimantan Timur. Melalui kerja sama dengan SKK Migas, PHKT bersama anak perusahaan dan afiliasi PHI lainnya terus melakukan beragam inovasi dan aplikasi teknologi untuk menghasilkan energi yang selamat, efisien, andal, patuh, dan ramah lingkungan.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top