Korporasi

PTK Berbagi Ilmu Maritim Migas Kepada Calon Pelaut Unggul di PIP Makassar

SUARAENERGI.COM – PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) kembali berbagi ilmu kemaritiman migas bersama  ratusan taruna taruni di akademi pelayaran nasional.
Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Transko Care Education PTK Goes To Campus di Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar pada senin, 29 Januari 2024.
Dalam kegiatan PTK Goes To Campus ini, Amir Hamzah selaku Komisaris Utama PTK hadir memberikan materi bertajuk “Mencetak SDM Unggul Bisnis Perkapalan dan Kemaritiman Sektor Minyak & Gas” dan dihadiri oleh lebih dari 250 taruna taruni PIP Makassar. Amir Hamzah membagikan pengetahuan yang mendalam mengenai bagaimana para taruna taruni menyiapkan diri untuk masuk ke dalam industri maritim setelah lulus nanti, khususnya bagi para taruna yang ingin masuk ke sektor minyak & gas.
“Bagi para taruna taruni PIP Makassar, diperlukan pengetahuan Kemaritiman yang Mendalam, termasuk operasi kapal, manajemen pelabuhan, hukum laut, dan HSE procedures. Selain itu, adik-adik harus memiliki Kemampuan Spesialis dalam Navigasi, Teknis, dan Operasional Kapal serta berbagai aspek teknis dalam pengoperasian kapal, keahlian Manajemen dan organisasi, memahami struktur dan organisasi kapal & pelabuhan, serta dapat menjalankan fungsi manajerial yang efektif,” ujar Amir Hamzah.
Didampingi oleh Organ Dewan Komisaris beserta GM Marine Business &Operation Region III, Amir Hamzah pun menjelaskan lebih lanjut bahwa pemahaman teknologi maritim terkini maupun teknologi perminyakan sangat diperlukan karena dengan meningkatnya digitalisasi di industri maritim, taruna maupun taruni PIP Makassar juga harus bisa mengadaptasi dan memahami teknologi baru. Bekal ini yang dapat digunakan untuk masuk kedalam industri bisnis perkapalan dan kemaritiman sektor minyak & gas.
Rangkaian program CSR Pertamina Transko Care Education ini merupakan kegiatan CSR PTK yang berfokus pada solusi untuk masalah pendidikan termasuk pemberian bantuan, peningkatan sarana pendidikan, dan peningkatan SDM melalui pelatihan kependidikan. Juga mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) poin 4 mengenai pendidikan bermutu.
Kegiatan PTK Goes To Campus PIP Makassar ini disambut dengan sangat meriah. Diawali dengan penampilan drum band dari para taruna taruni, kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum dan diakhiri dengan pemberian bantuan pendidikan diberikan kepada 7 taruna yang terpilih melalui seleksi kemampuan akademik, prestasi non kurikuler dengan prioritas yang berasal dari kalangan keluarga sederhana dan juga bantuan pendidikan untuk Pembangunan SDM di PIP Makassar.
Pembantu Direktur II PIP Makassar, Dr. Capt. Moh. Aziz Rohman, M.M.Mar, mewakili Direktur PIP Makassar menyampaikan rasa terima kasihnya mewakili sivitas akademika PIP Makassar atas program Pertamina Transko Care Education : PTK Goes To Campus ini.
“Dukungan dari pihak Pertamina Trans Kontinental memberikan harapan baru bagi para taruna maupun taruni kami. Bukan hanya tentang ilmu, namun kegiatan ini memberikan gambaran jelas tentang bagaimana taruna dan taruni kami menyiapkan diri untuk menyongsong masa depan khususnya di sektor minyak dan gas. Harapan kami, semoga program CSR ini dapat terus berlanjut dan berkembang sehingga memberikan dampak besar bagi para penerus bangsa,” ujar Bapak Moh. Aziz Rohman.
Pemilihan sekolah pelayaran sebagai tujuan pelaksanaan kegiatan Pertamina Transko Care Eduation dilatarbelakangi oleh kesamaan antara pembelajaran di kampus tersebut dengan beberapa segmentasi bisnis PTK. Sehingga kegiatan ini bukan hanya untuk edukasi, namun menjadi kesempatan untuk menjaring talent-talent terbaik yang tentunya mensupport visi misi PTK untuk menjadi perusahaan jasa maritim terintegrasi dengan skala global.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top