Korporasi

RUPST 2023: Pertamina Drilling Catat Pertumbuhan Laba 43 Persen

SUARAENERGI.COM – PT Pertamina Drilling Services Indonesia (Pertamina Drilling), afiliasi PT Pertamina Hulu Energi (PHE) selaku Subholding Upstream Pertamina, berhasil menutup tahun 2023 dengan gemilang, tercermin dari pemberian dividen sebesar 50% dari Laba Perusahaan yang tumbuh sebesar 43% dibandingkan dengan tahun buku sebelumnya. Hal ini diungkapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Pertamina Drilling Tahun Buku 2023 pada Senin (6/5) di Kantor Pusat Pertamina Drilling, Jakarta.

RUPST Pertamina Drilling Tahun Buku 2023 dihadiri oleh perwakilan dari Pemegang Saham Pertamina Drilling, yaitu Muharram Jaya Panguriseng selaku Direktur Eksplorasi PHE, Arya Dwi Paramita selaku Corporate Secretary PHE, dan Rahmi Amini selaku Direktur PT Pertamina Pedeve Indonesia (Pertamina Pedeve). Gema Iriandus Pahalawan selaku Komisaris Utama Pertamina Drilling, Avep Disasmita selaku Direktur Utama Pertamina Drilling, serta segenap Dewan Komisaris dan Direksi Pertamina Drilling turut hadir dalam rapat tahunan ini.

Dipaparkan oleh Avep, selain segi keuangan yang tumbuh secara signifikan, Pertamina Drilling juga mencatatkan capaian mengagumkan pada segi operasional. Pada tahun 2023, Pertamina Drilling telah mengerjakan 577 sumur secara total dengan catatan Non-Productive Time (NPT) sebesar 1,08, lebih rendah dari target yang ditetapkan, yaitu sebesar 1,50. Untuk aspek Rig Productivity, Pertamina Drilling berhasil meraih capaian tertinggi sejak berdirinya Perusahaan, yaitu sebesar 72,34%.

Dalam kesempatan ini, Avep juga mengapresiasi kinerja mumpuni Perwira Pertamina Drilling dan juga dukungan dari PHE dan Pertamina Pedeve selaku Pemegang Saham Pertamina Drilling sehingga Pertamina Drilling dapat memberikan hasil yang cemerlang sepanjang tahun 2023, baik dari segi keuangan maupun segi operasional Perusahaan.

“Dengan semua capaian yang telah diraih, kami optimis Pertamina Drilling dapat berlari lebih kencang pada tahun 2024 serta melanjutkan capaian gemilang dengan melakukan berbagai upaya untuk mendorong percepatan pertumbuhan bisnis Perusahaan yang berfokus pada best quality delivery dan customer focus. Pertamina Drilling akan terus berkontribusi dalam upaya transisi energi dengan inovasi berkelanjutan dalam mewujudkan target peningkatan produksi nasional minyak sebesar 1 juta barel per hari (BOPD) dan gas bumi sebesar 12 miliar standar kaki kubik per hari (MMSCFD) pada tahun 2030 mendatang,” ujar Avep.

Sebagai perwakilan PHE selaku Pemegang Saham Pertamina Drilling, Muharram turut memberikan arahan bagi Pertamina Drilling kedepannya. “Agresivitas perusahaan minyak dan gas (migas) kedepan dituntut untuk lebih maju lagi. Secara otomatis, perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang migas juga harus mempersiapkan diri untuk menjawab tantangan ketahanan energi.”

Melengkapi arahan dari Muharram, “Sebagai sebuah pengingat, selalu meningkatkan awareness terhadap Budaya HSSE dalam seluruh kegiatan, baik operasional maupun non-operasional sehingga menciptakan situasi yang aman dan kondusif,” tambah Rahmi sebagai perwakilan Pertamina Pedeve selaku Pemegang Saham Pertamina Drilling.

Dalam RUPST ini, Pemegang Saham memberikan persetujuan atas laporan tahunan, termasuk pengesahan laporan keuangan Pertamina Drilling disertai pemberian pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya (volledig acquit et de charge) kepada anggota Direksi dan Dewan Komisaris yang menjabat atas tindakan pengurusan dan pengawasan yang telah dijalankan selama tahun buku 2023 tersebut.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top