Safety

Sepanjang 2023, RMK Energy Pertahankan Zero Fatality

SUARAENERGI.COM – PT RMK Energy (RMKE) berhasil mempertahankan capaian target zero fatality selama 6 tahun terakhir, di mana Fatality Frequency Rate (FFR) & Lost Time Injury Frequency Rate (LTIFR) RMKE pada tahun 2023 sebesar 0 (nol). Artinya, sepanjang tahun 2023 tidak ada fatality dan jam kerja yang hilang akibat kecelakaan kerja dari setiap satu juta jam kerja.

Direktur PT RMK Energy Tbk, Sugiyanto mengatakan bahwa Perseroan terus berkomitmen meningkatkan kinerja Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan mengutamakan implementasi K3 dalam setiap aktivitas operasional mulai dari hulu ke hilir.

“Keselamatan dalam menjalankan operasi tambang merupakan hal nomor satu, kita sudah berhasil mewujudkan zero fatality selama menjalankan operasional RMKE dan selanjutnya kita akan terus pertahankan,”, kata Sugi.

Sebagai salah satu strategi untuk mempertahankan keberlanjutan zero fatality, Perseroan mengadakan serangkaian kegiatan K3 di area kerja Pelabuhan Musi 2, Palembang yang berlangsung dari bulan Januari sampai bulan Februari tahun 2024. Kegiatan yang diselenggarakan Perseroan mengusung tema yang sejalan dengan Bulan K3 Nasional (BK3N) tahun 2024 yaitu Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha.

Rangkaian kegiatan dibuka dengan sambutan dari Bapak Ir. Deliar Marzoeki, MM., IPM selaku Kepada Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Sumatera Selatan yang sekaligus menyampaikan Sambutan Menteri Ketenagakerjaan mengenai Pembukaan Bulan K3 Nasional Tahun 2024.

“Kami mengapresiasi PT RMK Energy Tbk yang turut menyemarakkan perayaan Bulan K3 Nasional, semoga rangkaian kegiatan yang akan dilakukan dapat membawa semangat K3 dan berdampak pada budaya K3 yang tercermin di perusahaan maupun masyarakat,”, kata Ir. Deliar Marzoeki.

Berbagai kegiatan perlombaan diselenggarakan diantaranya quiz K3 pada aktivitas Safety Talk yang dilakukan rutin setiap hari, lomba fotografi dan videografi bertema K3. Perlombaan ini dapat memacu semangat kompetisi yang positif antar departemen untuk mencapai performance K3 yang terbaik. Selain itu, Perseroan juga menyelenggarakan Seminar K3 tentang investigasi kecelakaan dan simulasi pemadaman kebakaran menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) untuk meningkatkan kemampuan penanggulangan kondisi darurat. Kegiatan lainnya adalah Donor Darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia.

Perseroan juga memberikan penghargaan terhadap karyawan dengan menyelenggarakan Pemilihan Karyawan Teladan K3 yang ditetapkan oleh department head masing-masing departemen.

“Ini adalah apresiasi Perseroan kepada setiap karyawan yang telah melakukan upaya konkret terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan kerja RMKE. Kami berharap dengan adanya rangkaian kegiatan ini dapat terus mempertahankan produktivitas dan etos kerja karyawan dalam bersama-sama meningkatkan kinerja safety perusahaan sehingga budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja,”, tutup Sugiyanto.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top