Korporasi

Sinergi BUMN, PLN dan Pupuk Indonesia Gandeng ACWA Power Kembangkan Industri Hidrogen Hijau Terintegrasi

SUARAENERGI.COM – PT PLN (Persero) bersinergi dengan PT Pupuk Indonesia (Persero) dan ACWA Power untuk mengembangkan _Green Hydrogen_ (hidrogren hijau) dan _Green Ammonia_ (amonia hijau) terintegrasi di Indonesia. Kerja sama tiga perusahaan ini dituangkan dalam _Joint Development Agreement_ (JDA) terkait _Green Hydrogen_ dan _Green Ammonia_ di sela COP 28 di Dubai, Minggu (3/12).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan komitmen PLN dalam menghadirkan energi bersih di antaranya melalui pengembangan _Green Hydrogen_ dan _Green Ammonia_ di Indonesia. Darmawan menyebut, kolaborasi ini sebagai bagian komitmen tindak lanjut dari _Memorandum of Understanding_ (MoU) Aliansi Strategis pada tanggal 14 November 2022 saat momentum G20 di Bali.

“Hidrogen hijau merupakan salah satu jawaban untuk transisi energi. Karenanya, pengembangan hidrogen hijau menjadi fokus kami dalam upaya mengakselerasi transisi energi,” ujar Darmawan.

Darmawan menyebut kolaborasi pengembangan ini untuk memaksimalkan upaya pengembangan energi alternatif yang memiliki potensi ekonomi menjanjikan dan tetap ramah lingkungan.

Dalam kolaborasi ini, PLN akan memasok listrik untuk _Green Hydrogen Plant_ (GHP) yang bersumber dari pembangkit listrik berbasis Energi Baru Terbarukan (EBT) dengan cadangan dari pasokan listrik bersih tambahan lewat sertifikat energi terbarukan atau _Renewable Energy Certificate_ (REC). PLN akan menyediakan kapasitas jaringan transmisi untuk proyek koneksi Pembangkit Listrik EBT ke sistem industri hidrogen hijau terintegrasi ini. Listrik hijau akan disalurkan melalui sistem transmisi PLN ke lokasi pabrik Pupuk Indonesia sebagai bahan baku _Green Ammonia._

“Kami melihat komitmen yang kuat dari pemerintah, PLN, Pupuk Indonesia dan ACWA Power, karena itu kami siap mendukung upaya pengembangan bersama _Green Hydrogen_ dan _Green Ammonia_ ini untuk mencapai tujuan bersama,” kata Darmawan.

Direktur Utama Pupuk Indonesia Rahmad Pribadi mengatakan sinergi BUMN ini menjadi salah satu kontribusi dalam mempercepat pencapaian target transisi energi di Indonesia.

“Kolaborasi ini merupakan kolaborasi yang luar biasa. Upaya ini bukan hanya untuk kepentingan masa depan lingkungan yang lebih baik tetapi juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang lebih baik ke depan,” kata Rahmad.

CEO ACWA Power Marco Arcelli mengatakan kolaborasi bersama PLN merupakan perjalanan yang transformatif. Bersama PLN, ACWA melakukan pengembangan inovasi dan membaca peluang transisi energi sebagai pertumbuhan ekonomi.

“Kami memecahkan tantangan transisi energi ini bersama-sama. Membuat berbagai inovasi baru dan menciptakan kolaborasi yang baik untuk masa depan dunia,” tegas Marco Arcelli.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top