Korporasi

Tingkatkan Kompetensi Konten Sosial Media, Kementerian BUMN dan Pertamina Gelar Workshop Bagi Millenial BUMN

SUARAENERGI.COM – Pertamina memberikan dukungannya untuk peningkatan kompetensi para penggiat sosial media di lingkungan BUMN dengan turut berperan serta dalam program Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Workshop Influencer BUMN.

Program yang dilakukan di 8 kota di Indonesia ini, diikuti para pegawai BUMN dari berbagai perusahaan, khususnya para influencer atau penggiat media sosial milenial dan generation-Z. Kali ini rangkaian program tersebut digelar di Balikpapan dengan diikuti sekitar 100 millenial BUMN pada Senin, 26 Februari 2024.

Program Workshop Influencer BUMN ini, merupakan bukti dukungan Kementerian BUMN terhadap potensi insan BUMN dalam pembuatan dan penyebaran berita baik. Sekaligus memberikan ruang kepada insan BUMN untuk berkreasi dan berkarya.

Dalam workshop influencer kali ini, para influencer BUMN mendapatkan berbagai pelatihan yaitu story telling dari narasumber Bene Dion, materi mengenai sosial media inside out dan pengimplementasian struktur konten dari Tommy Teja dan Ray dari Creative Agency Zhando, serta materi dari Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Sinulingga.

Dalam kesempatan ini Arya Sinulingga menyampaikan bahwa semua insan BUMN diharapkan bisa menjadi influencer yang menyampaikan hal positif mengenai perusahaannya.

“Hal yang harus dimiliki oleh insan BUMN adalah loyalitas dan mindset yang positif terhadap perusahaan, serta harus memiliki kemampuan narasi. Saat ini seiring dengan perkembangan dunia, dan semakin banyaknya informasi yang hadir, maka pesan yang disampaikan diharapkan bisa singkat dan tepat,” ujarnya.

Menurut Arya, diskusi mengenai mindset penting karena itu di semua insan BUMN diharapkan mempunyai visi yang jelas, mampu menjaga imej perusahaan dan membangun budaya bela perusahaan.

“Insan BUMN memiliki peranan yang kuat dan nyata, sebagai seseorang influencer, dalam platform digital seperti halnya media sosial. Mereka dianggap sebagai inspirasi juga pribadi yang bisa memberikan dampak positif, dan menyebarkan berita baik khususnya mengenai perusahaan kepada orang lain,” imbuhnya.

Membuka kegiatan, sebagai salah satu BUMN penyelenggara, Corporate Secretary Pertamina Brahmantya S. Poerwadi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat menarik dan bermanfaat, karena dilakukan di Kota Balikpapan, dimana tempat ini terdapat beberapa lini bisnis Pertamina Grup.

“Balikpapan adalah miniatur kecil dari Pertamina dimana hampir seluruh kegiatan bisnis Pertamina ada disini, mari perhatikan, bagaimana kota ini menggeliat ekonominya karena ada Pertamina di sini. Selain itu saya juga ingin para influencer juga mulai mengangkat mengenai transisi energi dan melihatnya dengan sudut pandang millenial,” ujar Brahmantya.

Selain itu, menurut Brahmantya generasi milenial dan gen-Z di lingkungan BUMN, diharapkan untuk semakin aktif dalam memberitakan hal baik tentang BUMN di tempat mereka bekerja. Pertamina mendukung penuh tujuan tersebut dengan memfasilitasi kegiatan kali ini di Balikpapan. Harapannya insan BUMN dapat semakin menggali potensinya dalam bidang konten kreator, guna menyebarkan kebaikan melalui pemberitaan positif khususnya melalui media sosial.

“Kegiatan ini akan menjadi salah satu wadah untuk meningkatkan kesadaran bagaimana setiap individu dan sesama insan karyawan BUMN saling berkolaborasi untuk memberikan informasi positif. Semoga semuanya dapat menularkan kembali hasil baik, dan semangat baiknya ke seluruh pekerja di perusahaan masing-masing,” jelas Brahmantya.

Kegiatan ini pun mendapatkan apresiasi dari para peserta yaitu Patih Rajahasta, perwakilan dari Bio Farma. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN dan Pertamina yang memberikan perhatian pada potensi insan BUMN dan pentingnya adaptasi dunia digital khususnya dalam aspek sosial media.

“Saya sangat bersemangat dengan acara ini. Sebagai perwakilan Influencer dari Bio Farma, saya belajar banyak hal dari narasumber yang dihadirkan. Nantinya kami juga akan mengunjungi fasilitas Pertamina lalu membuat konten mengenai hal tersebut. Saya sangat tidak sabar ingin melihat bagaimana proses kerja hingga penerapan HSSE di Pertamina sejauh ini dan semoga bisa membuat konten yang bermanfaat. Terima kasih untuk BUMN dan Pertamina telah memberikan dukungan bagi acara ini,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Rachmat Wahid Harahap CFO Rumah BUMN Kalimantan Timur sekaligus Perwira Pertamina. Ia mengapresiasi acara ini dan berharap hasilnya dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan membuat konten di pekerjaannya.

“Acara ini sangat bagus untuk saya belajar sebagai Influencer, harapannya semua bisa diaplikasikan dalam rangka pembuatan konten yang biasa kami lakukan untuk keperluan perusahaan. Hal ini menjadi motivasi bagi saya karena kebetulan saya ditugaskan untuk Rumah BUMN guna menjembatani Pertamina membantu para UMKM agar semakin dikenal, guna membantu mereka naik kelas. Workshop Influencer BUMN keren banget, terima kasih buat BUMN dan Pertamina”, ungkapnya.

Para peserta nantinya berkesempatan melakukan pelatihan dengan membuat konten menarik dan kreatif di fasilitas bisnis serta mitra binaan CSR Pertamina. Di hari terakhir peserta melakukan sesi olahraga fun run, games juga hiburan. Selain mendapatkan pengetahuan baru, para peserta diharapkan bisa juga mengikuti aktivitas yang berimbas positif bagi kesehatan jiwa dan raga. Sehingga insan BUMN dapat mengoptimalisasikan penyampaian berita baik dan positif khususnya di media sosial.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top