Minerba

Yth Presiden Kedelapan RI, Tolong Bentuk Kementerian Minerba

SUARAENERGI.COM – Menjelang transisi kekuasaan dari Presiden Jokowi kepada Presiden RI Kedelapan, ada usulan agar Kementerian ESDM saat ini dipecah menjadi dua. Yakni, Kementerian Energi dan Petrokimia serta Kementerian Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Demikian harapan yang diungkapkan Ketua Indonesian Mining & Energy Forum (IMEF) Singgih Widagdo, dalam program Mining Zone di CNBC Indonesia, dikutip Sabtu (24/2/2024).

Singgih menilai pemisahan energi dan minerba sangat penting mengingat keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Diketahui, saat ini Minerba adalah salah satu Direktorat Jenderal yang berada di bawah Kementerian ESDM.

“Sehingga siapapun presidennya, apakah Pak Prabowo setelah real count ya, dia harus meletakkan payung besar transformasi strategi bangsa di tahun 2045, itu yang paling penting. Dan dia jabarkan kalau saya lihat harus dipisahkan menjadi 2 kementerian tersebut,” harap dia.

Apalagi, sambung Singgih, sektor energi dan pertambangan dihadapkan dengan ribuan pelaku dan aspek yang perlu diatur oleh dua kementerian.

“Kita lihat lifting minyak, teknologi, instansi besar, sehingga menurut saya tidak bisa disatukan dan kalau kita lihat negara lain juga kita lihat iya dia memiliki kementerian batu bara,” demikian Singgih.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top