Antam, Korporasi, Minerba

DPR Dorong PLN Sediakan Listrik di Pabrik Smelter Antam

SUARAENERGI.COM – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Dony Maryadi Oekon menilai ketersediaan listrik untuk smelter feronikel PT Antam di Halmahera Timur harus dipersiapkan dengan baik. Hal itu dapat dimulai dari tahap perencanaan agar dapat segera beroperasi, usai pembangunan smelter selesai. Oleh karena itu, Komisi VII DPR RI mendorong PT PLN dapat memberikan pasokan listrik bagi kepada PT Antam untuk mendapatkan suplai listrik.

Hal tersebut disampaikan Dony Maryadi Oekon usai memimpin rapat kunjungan kerja masa reses komisi VII DPR RI dengan PT Antam, Manado, Sulawesi Utara, kamis (18/4/2024).

“Ada way out kita ambil listrik dari Wilus (wilayah usaha) lain tapi ini tinggal kelegowoan PLN untuk merilis Wilus itu untuk mensuplai untuk Halmahera Timur”

“Sebenarnya ada titik terang, tinggal PLN (setuju atau tidak). Kalau saya lihat hari ini, PLN mau merilis beberapa poin (untuk) memberikan izin kepada mereka (PT Antam) untuk mendapatkan listrik. Karena kalau bicara dengan PLN juga masih waktu cukup lama. Nanti ketika PLN sudah mendapatkan hasil akhir kurang baik ya itu apa ini akan tetap rugi, jadi memang ada kerugian. jadi tadi disampaikan tadi ada way out kita ambil listrik dari Wilus (wilayah usaha) lain tapi ini tinggal kelegowoan PLN untuk merilis Wilus itu untuk mensuplai untuk Halmahera Timur,” jelas Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini.

Di tempat yang sama, Dirut PT Antam Nicolas Kanter menyampaikan terima kasih atas dukungan Komisi VII DPR RI terhadap berjalannya proyek pembangunan pabrik feronikel di Halmahera Timur tersebut. Pihaknya juga berharap sinergi antara PT Antam dengan PLN perlu dibicarakan lebih lanjut, sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak.

“Tentunya sinergi Antam dengan PLN menjadi salah satu yang harus dibicarakan. Kita duduk bersama sehingga sinergi itu dapat menguntungkan kedua belah pihak, baik PLN maupun Antam dalam merampungkan proyek feronikel antam di Halmahera Timur,” harap Nico.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top