Terbarukan

Kementerian ESDM Serahkan PJUTS ke Empat Pemerintah Kabupaten/Kota

SUARAENERGI.COM – Jelang tutup tahun 2023, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) kembali menyerahterimakan infrastruktur berupa Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS) kepada Pemerintah Kota Batam serta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati, Bojonegoro, dan Tuban.

Pemerintah Kota Batam, menerima sebanyak 940 unit PJUTS yang dibangun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Kementerian ESDM tahun anggaran 2023.

Sekretaris Ditjen EBTKE Sahid Junaidi mengatakan bahwa pemasangan PJUTS merupakan salah satu langkah pemerintah sebagai upaya pengurangan emisi gas rumah kaca melalui pemanfaatan energi bersih, yang minim emisi dan ramah lingkungan untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) tahun 2060 atau lebih cepat.

“Sampai dengan tahun 2022, total PJU-TS yang sudah dibangun di 36 provinsi adalah sebanyak 22.546 unit, yang setara menerangi jalan sepanjang 1.027 km,” ungkapnya saat meresmikan PJUTS di Kampung Bagan, Kota Batam, Kepulauan Riau Minggu lalu (17/12).

Ia mengungkapkan bahwa program PJUTS dapat terlaksana berkat kolaborasi antara pemerintah dan lembaga legislatif, dalam hal ini adalah Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Komisi VII. Dengan program ini, diharapkan akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, khususnya ketika beraktivitas di malam hari.

“Semoga dengan adanya pemasangan PJU-TS ini dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat,” ujar Sahid.

Anggota Komisi VII DPR RI yang hadir, Asman Abnur, mengapresiasi Kementerian ESDM yang telah merealisasikan kebutuhan masyarakat Kota Batam akan penerangan jalan di malam hari. “Mudah-mudahan ini menjadi sesuatu yang bermanfaat buat masyarakat Kita semua. Kita harus mendukung program pemerintah melalui energi baru terbarukan ini,” ujarnya.

Ketua RW 09 di Kampung Bagan, Dian Ariyandi, mengungkapkan rasa terima kasih atas pemasangan PJUTS sebanyak empat unit di wilayahnya, dan berharap pada tahun depan, akan ada lagi PJUTS yang terpasang di tempatnya. “Semoga tahun mendatang, Kementerian kembali hadir untuk memberikan PJUTS karena disini masih ada area hutan yang masih membutuhkan penerangan lebih maksimal,” pintanya.

Selain Pemkot Batam, tiga Pemkab lain juga menerima bantuan program pembangunan PJUTS dari Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, yaitu Bojonegoro, TUban, dan Pati.

“Ini komitmen kami bersama Komisi VII DPR-RI, dengan didukung Pemerintah Daerah melakukan pemasangan lampu jalan berbasis surya untuk memenuhi kebutuhan penerangan, khususnya yang belum terjangkau oleh PLN tetapi dengan sumber energi bersih,” tutur Direktur Bioenergi, Edi Wibowo pada seremonial peresmian dan penyerahan PJUTS Kabupaten Bojonegoro dan Tuban dilaksanakan secara simbolis yang dipusatkan di Desa Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (17/12).

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top