LEMIGAS, Migas

Lemigas Ciptakan Inovasi Fluida Jaga Kestabilan Sumur

SUARAENERGI.COM – Di tengah upaya pemerintah untuk meningkatkan produksi migas nasional, Lembaga Minyak dan Gas Bumi (LEMIGAS) hadir dengan terobosan baru. Lembaga penelitian dan pengembangan di bawah Kementerian ESDM ini telah mengembangkan formulasi fluida khusus untuk menjaga kestabilan lubang sumur dan mencegah kerusakan formasi migas. Inovasi ini merupakan hasil kerja keras para peneliti LEMIGAS yang senantiasa berkomitmen untuk mendukung industri migas nasional.

Mustafid Gunawan, Kepala LEMIGAS, menjelaskan Fluida merupakan komponen penting dalam operasi perminyakan. Fluida ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengangkat minyak dan gas dari bawah tanah, membersihkan sumur, dan menjaga tekanan di dalam sumur. Namun, tidak semua jenis fluida cocok untuk semua kondisi sumur.

“Kerusakan formasi dapat terjadi akibat berbagai faktor, termasuk ketidakcocokan fluida pengeboran dan penyelesaian dengan karakteristik formasi yang ada. Hal ini dapat menyebabkan masalah serius seperti swelling mineral lempung dan pembentukan filter cake yang menghambat aliran fluida,” kata Mustafid di Jakarta, Selasa (23/4).

LEMIGAS sendiri telah memiliki formulasi Organic Completion Fluids yang inovatif yang dirancang untuk memperkuat formulasi petrokimia dalam negeri. Formulasi ini berbasis garam organik sitrat dan aman untuk peralatan produksi dan lingkungan, dan dapat membantu menjaga integritas sumur dan menjalankan produksi migas dengan lancar.

Lebih lanjut, Mustafid, menyatakan pemilihan dan penggunaan fluida penyelesaian yang tepat ini sangat penting untuk menjaga keseimbangan tekanan dalam sumur dan mencegah potensi kebocoran atau ledakan yang berbahaya.

“Dengan pemahaman yang mendalam tentang karakteristik fluida penyelesaian organik berbasis garam sitrat, diharapkan dapat memberikan solusi efektif dalam menjaga integritas sumur dan kelancaran operasi produksi di industri ini,” ungkap Mustafid.

Sebagai lembaga penelitian dan pengembangan di bidang migas, LEMIGAS terus berkomitmen untuk menghadirkan solusi inovatif bagi industri migas nasional. Peneliti handal LEMIGAS telah menggabungkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini untuk menghasilkan formulasi fluida terbaru ini.

“Diharapkan produk ini dapat mensubstitusi beberapa produk fluida komplesi berbasis garam nitrat dan fosfat yang kurang ekonomis dan berdampak pada peralatan produksi,” tutup Mustafid.

Ikuti Kami

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top